Minggu, 15 September 2019

Perkembangan dari ATA ke SATA


Sebelumnya kita sudah bahas tentang port nah disini aku pengen kalian mengetahui port yang ada pada motherboard yang lebih tepatnya SATA dan ATA , tapi sebelum berpaling ke ATA dan SATA ada baiknya kita ketahui dulu apa si itu motherboard ? langsung aja yuk skutttt….
Motherboard atau papan induk adalah sebuah sirkuit berupa PCB yang memiliki berbagai komponen elektronik sehingga dapat menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer dan tugas dari si motherboard sendiri menghubungkan bahasa computer ke peripheral agar menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat computer.

Didalam motherboard terdapat banyak sekali port atau soket yaitu mulai dari soket proseccor, 4/8 pin power proseccor slot RAM dan masih banyak lagi. Nah sekarang saatnya mengetahui apa itu ATA dan SATA , jadi ATA dan SATA memiliki fungsi ang sama yaitu sebagai port data dari harddisk dan dvd drive. Jadi SATA merupakan perkembangan dari ATA.

ATA (Advanced Technology Attachment)

ATA memiliki kepanjangan Advanced Technology Attachment yaaa bukan Atta Halilintar beda urusan itu. ATA ini juga biasa dikenal dengan IDE Drive yang dibuat pada tahun 1986 yang masih dengan 16 bit paralel dan berkembang sampai yang paling akhir yaitu ATA-7 pada tahun 2001 dengan kecepatan transfer 133 Mbps. Kabel ATA ini sudah tidak diproduksi lagi alias sudah ditinggalkan oleh computer-komputer generasi akhir tapi kalo readers mau liat gimana sih si kabel ATA ini kalian bisa melihatnya di computer Pentium 4 kebawah.  ATA itu cirinya kabelnya lebar dengan 40 pin koneksi dan memiliki panjang maksimal 46 cm aja.

SATA (Serial Advanced Technology Attachment)

Sedangkan SATA atau Serial ATA sudah berada pada computer-komputer generasi akhir niii, kabel konektor SATA mempunyai 15 pin yang ukurannya lebih kecil dari ATA dengan kecepatan transfer data lebih besar juga ni 150 Mbps.
Untuk dapat membedakannya kalian bisa lihat gambar dibawah ini antara SATA dan ATA.

Karena SATA merupakan perkembangan dari ATA maka si SATA ini memiliki banyak kelebihan tentunya yaitu :
1.       Cocok untuk membaca HDD kapasitas besar
2.       Pemasangan kabel lebih mudah dari ATA
3.       Tak perlu melakukan “jumper setting” seperti ATA.
4.       Tidak menimbulkan panas pada harddisk jika digunakan dengan waktu yang lama.
5.       Kabel SATA lebih efisien dalam pemasangan disbanding ATA yang makan banyak tempat.
Nah itu dia tentang perkembangan dari ATA ke SATA,

Terhormatlah bagi yang berprestasi dan Berprestasilah dengan tetap menjaga kehormatan Love you all and peace bye bye ✌😍


Tidak ada komentar:

Posting Komentar