Sabtu, 14 September 2019

Perkembangan Port Pada Komputer

Tahun semakin bertambah maka zaman harus semakin berkembang hal itu dibarengi dengan perkembangan teknologi, sebagaimana komputer dan laptop barang yang biasa kita gunakan yang semakin berkembang mulai dari memorinya, kecepatannya, fitur-fitur yang semakin mudah untuk digunakan dan semakin mudah untuk dikendalikan. hal itu juga sesuai dengan perkembangan port pada komputer, mungkin banyak yang tidak menyadari adanya perbedaan port komputer jaman dahulu dan jaman sekarang. 
Sebelum kita bahas perkembangan port pada komputer ada baiknya kita ketahui dulu apa itu port, Port bisa kita istilahkan sebagai pusat untuk memulai transfer data sama halnya seperti "Airport" kita berangkat dan berhenti di airport untuk sampai tujuan yang dituju. begitu pula dengan port komputer, dapat disimpulkan bahwa Port adalah sebuah celah atau pintu agar dapat berkomunikasi dengan komputer maka dari itu sebuah port sangat penting bagi komputer maupun laptop. 

Jenis Port dan Fungsinya

 Port terbagi menjadi dua yaitu port logik (non fisik) dan port fisik :
1.     Port Logik (Non Fisik) adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet
2.     Port Fisik adalah port yang biasa berada pada belakang case CPU dan biasanya untuk menghubungkan monitor,keyboard, mouse dan perangkat peripheral lainnya.
Saat ini yang akan kita bahas adalah port Fisik yang berada pada belakang Case CPU dan dapat terlihat oleh kita secara kasat mata dan kita bisa menjumpai beberapanya di Laptop. Port Fisik masih terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu port parallel, port serial, port inframerah dan port-port lainnya. 

1.     Port Serial yang digantikan oleh USB

 
Port ini merupakan jenis port yang umum digunakan untuk keyboard mouse dan juga PLC (Programmable logic controller). Port ini menggunakan jenis konektor RS-232C yang memiliki jumlah pin 9 hingga 25 pin. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM yang bekerja pada pengiriman sebuah bit per waktu, karena sifatnya demikian pengiriman data berjalan agak lambat. Maka saat ini sudah jarang yang menggunakannya karena semakin banyak connector yang menggunakan USB.
No.Pin
Nama Sinyal
Direction
Keterangan
1
DCD
In
Data carier detect/ received line signal detect
2
RXD
In
Receive data
3
TXD
Out
Transmit data
4
DTR
Out
Data terminal ready
5
GND
-
Ground
6
DSR
In
Data set ready
7
RTS
Out
Request to sent
8
CTS
In
Clear to send
9
RI
In
Ring indicator
  
Keterangan mengenai fungsi saluran RS232 pada konektor DB9 adalah sebagai berikut :
©     Receive Line Signal Detect, dengan saluran ini DCE memberitahukan ke DTE bahwa pada terminal masukkan ada data masuk.
©     Receive Data, Digunakan DTE menerima data DCE.
©     Transmit Data, digunakan DTE mengirimkan ke DCE.
©     Data Terminal Ready, pada saluran ini DTE memberitahukan kesiapan terminalnya.
©     Signal Ground, saluran Ground.
©     Ring Indicator, pada saluran ini DCE memberitahukan ke DTE bahwa sebuah stasiun menghendaki berhubungan dengannya.
©     Clear To Send, dengan saluran ini DCE memberitahukan bahwa DTE boleh mulai mengirim data.
©     Request To Send, dengan saluran ini DCE diminta mengirim data oleh DTE.
©     DCE ready, sinyal aktif pada saluran ini menunjukkan bahwa DCE sudah siap.


2.  Port Parallel yang digantikan USB

            
Port yang sering disebut port LPT, terdiri dari 25 pin yang digunakan untuk menghubungkan joystick,scanner,printer,dan peralatan lainnya. Port ini bekerja atas dasar 8 bit pewaktu, dapat bekerja untuk pengiriman data secara cepat tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki).  Sama halnya dengan port serial yang sudah jarang digunakan karena tergantikan oleh port USB.

Pin Nomor (DB25)
Nama Sinyal
Arah
Register Bit
Inverted
1
nStrobe
Out
Kontrol-02
Ya
2
Data0
In/Out
Data-0
Tidak
3
Data1
In/Out
Data-1
Tidak
4
Data2
In/Out
Data-2
Tidak
5
Data3
In/Out
Data-3
Tidak
6
Data4
In/Out
Data-4
Tidak
7
Data5
In/Out
Data-5
Tidak
8
Data6
In/Out
Data-6
Tidak
9
Data7
In/Out
Data-7
Tidak
10
nAck
In
Status-6
Tidak
11
Busy
In
Status-7
Ya
12
Paper-out
In
Status-5
Tidak
13
Select
In
Status-4
Tidak
14
Linefeed
Out
Control-1
Ya
15
nErorr
In
Status-3
Tidak
16
nInitialize
Out
Control-2
Tidak
17
nSelect-Printer
Out
Control-3
Ya
18-25
Ground
-
-
-



3.     PS/2 yang digantikan USB
PS2, gambar wikimedia.org 
Personal System/2 yaitu port untuk menghubungkan mouse dengan keyboard untuk warna ungu untuk port keyboard serta hijau untuk mouse, Port ini sudah dihilangkan karena pengembang produsen mouse dan keyboard mulai beralih ke USB.
4.     Audio Port

Sesuai namanya sudah pasti fungsinya untuk mentransmisikan suara yang dihasilkan computer menuju output audio eksternal seperti speaker dan headphone. Untuk port berwarna biru untuk Tv tunner sedang kuning untuk audio keluaran seperti speaker atau headphone dan yang terakhir berwarna merah untuk microphone. Port audio ini dimiliki oleh soundcard maka kualitas suara bergantung pada soundcard. Sampai saat ini port ini masih digunakan dan telah berkembang lebih canggih yang mendukung output suara 5.1 hingga 9.1.

5.     Port VGA yang digantikan HDMI
VGA, gambar osxlatitude.com
Port perkembang dari CGA dan EGA dipasarkan. VGA (Video Graphic Array) digunakan untuk menghubungkan monitor dengan CPU, namun saat ini masih banyak yang menggunakan VGA walaupun sudah memiliki penggantinya yaitu HDMI. Serta ada pula computer yang masih menyediakan port VGA dan HDMI pada satu computer.
6.     HDMI pengganti VGA
HDMI, gambar acerid.comHigh Definition Multimedia Interface (HDMI) Merupakan perkembangan dari VGA, port ini digunakan untuk menampilkan kualitas display HD. Port ini juga memiliki ukuran lebih kecil dari VGA serta memiliki kemungkinan kecil untuk rusak dibanding VGA.
7.     Port LAN
Port LAN
Port untuk menghubungkan computer dengan internet atau computer satu dengan computer lain. Port ini masih digunakan dan belum tergantikan oleh port lain.
8.     Power Supply Port
Jenis-Jenis-Power-Supply
Port terpenting untuk menjalankan computer karna port ini untuk menghubungkan power supply dengan computer dan bertugas memberikan asupan listrik kepada computer. Ada dua jenis port power supply yaitu power supply AT dan ATX



a.      AT
Merupakan jenis power supply yang lawas, power supply ini biasa digunakan untuk computer Pentium II dan III, namun tetap memiliki kelebihan yaitu memiliki kabel power yang terhubung ke motherboard terbagi menjadi dua yatu konektor P8 dan P9, serta resiko salah pasang pun sedikit karena membutuhkan ketelitian tinggi.
b.     ATX
Memiliki tampilan lebih simple karena sudah menjadi satu dengan jumlah 20 pin dan sangat mudah untuk dipasang  karena jika salah pasnag port dengan konektor tak akan menyatu. ATX memiliki kelebihan auto shutdown.

9.     DVI Port diganti oleh HDMI
DVI, gambar wikihow.org
Dikembangkan tahun 1999 dan dirancang untuk mengirim sinyal digital tanpa dipadatkan. Terdapat tiga jenis DVI yaitu DVI-D untuk mengirim video, DVI-A untuk audio dan DVI-I untuk keduanya. Untuk computer generasi terakhir sudah tidak menggunakannya karna sudah menjadi satu fungsi dengan VGA pada HDMI.

10. Game Port diganti USB

Image result for game port
Port yang sudah dihilangkan dan berfungsi untuk menghubungkan pada joystick karena digantikan dengan teknologi yang lebih baik yaitu USB
11. USB
Image result for jenis usbUniversal Serial Bus dilihat dari namanya port ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti sudah dijelaskan diatas bahwa port USB sudah bisa menggantikan berbagai port dan memangkas jumlah port pada computer. Serta USB memiliki banyak jenis seperti USB tipe A, USB tipe B, USB mini, USB micro, USB tipe C. USB tipe A yang banyak digunakan pada computer.


Jenis USB
Waktu  Rilis
Kecepatan Transfer Data
USB 1.0
Januari 1996
1,5 Mbit/s
USB 1.1
Agustus 1998
12 Mbit/s
USB 2.0
April 2000
480 Mbit/s
USB 3.0
November 2008
5 Gbit/s
USB 3.1
Juli 2013
10 Gbit/s
USB 3.2
September 2017
20 Gbit/s

12. Port Infrared
port infrared
Port ini sudah jarang terlihat pada computer karena sudah banyak perangkat wireless yang sudah menyertakan infrared dalam bentuk USB.



Sumber : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar