Senin, 23 September 2019

Prinsip Kerja Port Serial



Transmisi data serial adalah mengirimkan atau mentransmisikan data secara serial melalui kabel tunggal dan kecepatan pengiriman bit/s. nah port serial ini sendiri memiliki fungsi untuk piranti : mouse,joystick,modem eksternal, dan PLC (Programmable Logic Controller). Nama port serial sendiri biasa dikenal dengan nama COM dan yang sering digunakan RS-232C serta untuk jenis konektornya masih ada lagi yaitu DB9 untuk mouse modem dan lain-lain serta ada DB25 yang digunakan untuk joystick game. Konekntor DB9  ini memiliki 9 buah pin dan DB25 memiliki 25 pin dengan fungsinya masing- masing yang sebenarnya memiliki fungsi sama.





  Untuk fungsi dari tabel diatas yaitu
-          Signal Ground (SG)berfungsi untuk memberikan masa (ground) pada setiap sinyal secara bersama (common signal ground).
-          Transmit Data (TX)berfungsi sebagai saluran keluarnya data dari UART atau sebagai pengirim data ke devais secara serial.
-          Receive Data (RX)berfungsi sebagai saluran masuknya data ke UART atau sebagai penerima data dari devais secara serial.
-          Data Terminal Ready (DTR)berfungsi sebagai pemberi informasi status ke devais terkoneksi bahwaUART telah siap. Saat terkoneksi dan berkomunikasi dengan devais DTR perlu beri logika 1.
-          Data Set Ready (DSR)berfungsi untuk menerima informasi status devais bahwa devais siap utnuik diakses oleh komputer melalui UART.
-          Request to Send (RTS)berfungsi sebagai isyarat permintaan UART ke devais untukmemfasilitasi bahwa UART akan mengirimkan data ke devais.
-          Clear to Send (CTS) berfungsi sebagaipenerima jawaban atas pengiriman isyarat RTS bila modem/piranti telah menerima data.
-          Data Carrier Detect (DCD) berfungsisebagai penerima isyaratagar komputer bersedia menerima data pada pada waktu tertentu.
-          Ring Indicator (RI) berfungsi menerima isyarat dari modem bahwa ada devais (eksternal) yang membutuhkan koneksi dalam rangka pengiriman atau permintaan data.

sumber : http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/listrik-electro/1054-ds

Terhormatlah bagi yang berprestasi dan Berprestasilah dengan tetap menjaga kehormatan Love you all and peace bye bye ✌😍



Tidak ada komentar:

Posting Komentar